Jangan Bakar Saya !!!

Rabu, 09 Maret 2016

     Halo plend, sepi nih gara-gara Aku tinggal. Maaf semuanya, Aku bisa jelasin.

1. Masalah laptop.
     Awal beli laptop ini kurang waras, tapi jangan kira penyebabnya Aku. Pertama ni Laptop suka not responding, gak ngerti musti apa. Aku cari masalah serupa di Mas Google, Mas Googlenya nyuruh main ke Blognya orang India buat mercepat win. 8.1 degan aplikasinya. Setelah itu, bener aja. Semuanya cepet setelah aku instal, masalahnya beres sampai Aku ketemu boot loop. Anyway, buat yang belum ngerti boot loop itu apaan, aku akan jelasin singkat. Boot loop itu sering not responding tiap buka aplikasi atau menjalankan perintah. Biasnya kudu nunggu beberapa menit baru jalan. Kejadian pertama tu, tiap buka laman baru di google suka lelet, hampir 5 tarikan nafas baru jalan. Pikiran pertama,~ yang Aku beli installan windows di mas Asus itu bajakan. Kedua, ~ni google pasti bermasalah. Ketiga, ~Aku yang bermasalah.
***
     Langkah selanjutnya Aku nyari lagi di mas Google cara ngatasin boot loop. Aku disuruh buat matiin aplikasi yang jarang kepake, matiin screen saver, dan matiin aplikasi yang ada di menu start. Semuanya udah Aku kerjakan sesuai perintah, dan hasilnya laptopku makin lemot. Woow amejing. Semua itu Aku diemin selama 2 minggu sampai aku merasa kesel. Yang kepikiran pertama, Aku pengen laptopnya minta ganti yang baru di tokonya(Aku emang licik). Tapi digaransi tertulis kalau penukaran laptop itu emang produk gagal yang gak bisa dipebaiki oleh Asus Center. Jadi rencana pertama Aku niatin pergi ke Service Centernya. Pikiran keduanya install ulang windowsnya, mungkin masalahnya disitu.
***
    Aku punya ide buat main kerumah temen (Pak carik)  Arizal minta bantuannya benerin laptopku. Arizal ini temenku SMA yang pengetahuan umumnya luas dan punya kelebihan hidung. Kalau saja nanti tiba-tiba Dia kalap dengan hidungnya, Aku siap melempari dengan softex bekas.


Firasatku nanti bakal ada kabar buruk, Apapun yang akan terjadi, ~nanti akan terjadi~.
***
     Sore itu Aku berangkat kerumah Arizal dan gak lupa bawa mantel dan laptop yang laknat ini. Di tengah perjalanan hujan mulai membasahi rambut sampai tumit, Aku berhenti dipinggir jalan untuk membuka jok motor, _dan minum Aqua gelas. Aku sengaja enggak pake mantel karna hampir sampai kerumahnya sekitar 5 menitan. Hujannya makin lebat, Aku harus nancap gas sampe ke angka 120 buat cepet-cepet, tapi kenyataannya aku gak berani ngebut, jadi 80 cukuplah  buat nyape kesana.
***
    Aku akhirnya sampai dirumahnya dengan keadaan selamat dari serangan basah kuyup. Arizal sepertinya lagi di dalam rumah, dan dia emang kaget liat Aku yang setengah gelisah( mirip kambing disembelih). Arizal lalu keluar dengan kacamata dan celana kolornya. Aku lihat dia siap membantuku, kecuali hidungnya.

'Ga, masuk ! , bentar tunggu dulu, 'Arizal lupa pake cawat.
'Iyo, bentar..'

Aku berdiri sebentar, meregangkan badan, dan siap berjalan ke pintu pengunjung (sebenarnya ruang makan sih, berharap dapat tempe gratis).
Aku melangkah masuk ke Rumahnya

'Assalamualaikum,..'

'Wallaikumsalam, Eh Mas Ega,' sapa ibu Arizal. Zal, dicariin Ega,..Bentar ya Mas, BJ lagi ganti baju'.

Aku kasih tau, BJ itu nama rumahnya Arizal, ini pasti gara-gara dulu kena penyakit aneh gitu, ini pasti singkatan dari Bisul Jackie Chan.

'Iya Buk, Aku tunggu diluar aja~ padahal dihati pengen tempe goreng~'.

Aku lalu duduk di luar, disamping pintu yang kebetulan lagi kosong(yaiyalah, masa mau naroh pantat di muka tamu, kalo kegigit ntar keluar eeq).

"Jadi gimana Ga, Laptopmu ?"

"Liat aja, bentar Aku nyalain dulu."

Aku mengeluarkan laptop yang ada di tas, membuka layar, dan memencet tombol power. Setelah menunggu gambar logo asus ,halaman utamapun kebuka.

'Mana gak ada masalah ngono lo...' medoknya keluar

'Sabar Zal, Aku kasih tau masalahnya,.. ini masalahnya sekarang ada di google chromenya. Tiap buka laman baru pasti ada boot loopnya, tapi sekarang ketambahan eror gitu. Pas waktu nge~close~ lamannya malah nambah tab baru, tapi kalo diklik ikon tabnya, malah nge~close~.
Coba tak sambungkan ke wifi..
passwordnya apa?'

'ariza,, eh, ganti, ,,,
bentar aku tanyain' Hidungnya mulai kalap.

Arizal langsung masuk kedalam buat tanya Abangnya.Gak perlu waktulama menunggu, Arizal langsung sigap memberi jawaban sambil berteriak mantap,'.......AKU LUPA'.

Sambalasambaladoo, dia malah ngelawak, atau.... kenyataan.Sandinya pasti sengaja dibuat rumit dan panjang, biar gak bisa dihafalin tetangga dan tentu saja _Dirinya_. Supeeer Zeniuuss.
***
     Pas Arizal menanyai lagi di dalam, Aku iseng mengklik kanan mouse dan dengan niat baik mau me~refresh~ biar gak lemot,. Aku klik kanan dan Jeengjeeeng..... monitorpun rusak,,,, pada detik itu juga boot loopku semvurna..yeayyy , Sekarang dunia penulisku akan teralih ke dunia mama minta pulsa.
***
Di saat panik, langkah pintar yang aku ambil selanjutnya yaitu merestart paksa ulang dengan menekan tombol restart, setelah aku lakuin itu dan ~MONYEET~, malah ngeblank ,,,,

'Eeh, jangan main samber aja tombol powernya, ntar tu malah kena hardisknya,'Arizal malah menyeramahi. Terlambat sudah zaal, terlambat..., Aku gak bisa CLBK lagi,eehh(kelepasan).

'Oke santai( bibirku pucat), aku baru ngerti, soalnya di rumah kalo blank langsung aku restart paksa.

'Mungkin masalahnya di kamu.'.

Tegaanya kau menghianatiku Zaal... Sembuhiiin miskinkuu.

Arizal melayangkan tagannya untuk memencet power,setelah nunggu laptopnya nyala, kami mengtahui satu hal, tampilannya gelap.

'Duh, gimana nih,,, ada ide gak?' Aku mulai grogi.

'Ini paling masalah windowsnya, install ulang aja pake punyaku, tapi masalahnya kasetnya ada di Malang.'

'Yaudah Aku ikut aja sekalian bawa garansinya kalo nanti gak bisa di atasi, tapi kalo di install ulang yang bajakan , garansinya bakal ilang gak?

'Gak,, eh gak tau' , Rizal berbalik nanya,' Kalau yang hilang mungkin cuma garansi windowsnya, tapi gak tau ding...'

'Yaudah, Aku pulang aja sekarang ngambil garansi, kalo nanti ada apa-apa kan bisa buat jaga-jaga.Aku handak bergegas pulang.

'eh tunggu !, ini hapemu'

'Biarin aja, ntarkan aku juga kesini lagi.'

' Tapi ntar kalo ada apa-apa gimana coba ?!'

'Yaudah aku bawa satu. By the way, kamu berangkat kemalang jam berapa/?'

'Sekitar setengah jam lagi'.

'Gak mandi?'

'Enggak, ~hehehe~'

'Oke aku duluan'

'Iyo ati-ati'

Akupun ngebut buat mengambil garansinya. Setalah nyampe rumah, Aku mondar mandir nyariinkartu garansi dan kwitansinya, Kabar baiknya, Aku pulang kerumah bisa makan tahu goreng ditambah lombok ijo,hmmm, sluluuub, kabar buruknya kwitansiku ilang. Aku udah nyari kemana-mana mulai dari box asus, di meja belajar,dikasur, dicelana saku, tetep aja gak ketemu. Ini pasti gara-gara disembunyin mantan.

'Nyari apa', Abangku bertanya datar.

Nyari kwitansi,' gak kalah datar.

'Buat apa?'

'Aku mau garansiin laptop, laptopnya blank di rumah temen'.

'Itu masalah windowsnya dari awal, windowsmu itu bajakan, bawa aja laptopmu kembali  Aku punya installan windows banyak', kata Abang

Kata-kata Abang membuatku jadi ngambang. Jadi musti gimana, ngambil laptop dari Arizal dan ngebawa balik, atau nekat ke Malang bersama Arizal ?. Aku brain storming sebentar sambil ngehabisin Tahu lombok yang berminyak, ~setelah gigitan tahu terakhir, muncul pilihan buat mengambil Laptopnya dan nginstall ulang sendiri(sebenarnya di installkan Abang).

Setelah dapat keputusan, Aku langsung pakai mantel dan ke tempat Arizal.
Aku datang kerumah Arizal dengan motor beat F1 merahputih, lalu kugait standarnya. Aku lihat dari kejauhan Arizal keluar dan memastikan keputusanku,

'Oii Ga, Gimana ? jadi ke Malang?'

'Kayaknya Aku di Rumah aja, nyoba istall sendiri, Abangku punya installan windows 10'.

'Eh Ga, Kata Mas-Ku itu bukan masalah Windows-nya, itu masalahnya di kabel penghubung LCD, kayaknya ada yang konslet'.

'Aduh, yaudah gini aja, nanti Aku coba dulu, ntar kalo emang gak bisa diatasi Aku sms'.

'Ok, yaudah' aisnya mulai turun.

Aku mengulurkan tangan,'.Zal,, Tasku,.'.

Arizal memegang Tas laptopnya dan mengulurkan dengan kalem,'nihh'.

'Hpku mana?'

'Ada di dalam Tas,'

'Oh yaudah, terus kamu kapan ke Malang ?'

'Bentar lagi'

'Gak Mandi?'

'Gak laahh, Gak usah mandi, mandi itu gak perlu'...mulai nih bau ngepet.

'Ohh iya,hati-hati'.

    Sewaktu Aku mau pulang, Arizal memanggilku,' Ga, gimana nulismu? masih lanjut?

'Iya ni masih nulis blog,'

'Aku punya bacaan bagus nih, bentar Aku ambil di dalam', Arizal memerlihatkan bukunya
'Nih bukunya,..'

'Bergumul dengan Gusmul, Apaan nih?'

In buku yang isinya kegiatan sehari-hari penulis. Di situ juga ada perjalanan penulis yang asal muasal dari penjaga warnet desa, pergi merantau , pergi ke
desa lagi. Dia juga jago photoshop tingkat dewa, liat aja potonya....(Gambar Pria Berjas dengan Gusmul<penulis>).







'Wah, kayaknya bagus, boleh pinjem gak?'

'Bentar Aku masih di halaman awal, di lembar ke 30 aku udah mulai bosen'

'eehhh', Aku ngehee.

'Soalnya gitu- gitu aja sih, belum nemu yang seru, nanti kalau udah kelar aku pinjemin. Cepet terbitin novelmu, Gusmul aja udah nerbitin, kamu kapan?...'

Pertanyaan itu masih melekat di telinga, kapan nerbitin? sampai kebawa kerumah. Aku janji bulan 10 ini bakal nerbitin novel. Aku akan nerbitin dengan habis-habisan, masalah efeknya ,,,Bodooo..tapi doain ya pembacaku moga cepet kelar walau harus kena struk, eh yang ini jangan... ntar pake pispot dong.. pokonya doain aja yee...
***    
     Oiya setelah sampai rumah Aku menyampaikan pesan ke Abang kalo tu Laptop kena LCDnya. Abangku malah menuduhku pernah membanting sampek ngebuka tutup dengan full speed. Habis itu Abangku nyoba nyambungin di monitor dan jelas aja, di monitor bisa dipakai. Abangku malam itu membawa ke rumah temennya yang tukang servis(bukan PSK), dan membongkar isinya. Khusus pembaca, ini segel laptopnya berada di hard disk, ram dan prosessor, selama segelnya itu gak kebuka, garansinya masih bisa kepake.

Masalah ke 2

Gagal move on, udah...

Aku minta maaf kalo pembacaku pada kabur, tolong balik dong, kalo bosen dengan pacar, baca aja ke blog ini :v.... Jaga kesehatannya bagi yang jomblo, ntar dikira Aku gak peduli lagi....
Yaudah itu aja, oiya, bagi yang punya line & pebuk, aku punya , kalo aja pngen kenal lebih deket Line(Petrucci_) Pesbuk (Fega Dimitri)
Monggo, Silahkan...

0 komentar:

Posting Komentar