Aku & Kirana

Senin, 12 September 2016



     Sejak SD, Aku adalah anak pendiam yang suka belajar. Culun banget. Aku dulu suka bawa buku kosong dengan banyak gambaran titit.

 Jangan salah, itu ulah temen bimbingan yang suka gambarin dibukuku terus di lempar ke cewek-cewek. Sejak saat itu Aku jadi anak yang terbuka bagi siapapun di kelas, dan di cap jadi anak jorok.
Saat musim giatnya belajar datang, tepatnya kelas 6 SD, Aku mengikuti les pelajaran UN di SD Impress Karangtalun. Alasannya *yaah* karena terpaksa harus ikut. Aku terkunci oleh peraturan sekolah yang *HARUS* belajar di sana.
***
     Di SD Impress(selanjutnya ku ketik Impress), halamannya cukup luas, kira-kira selebar 5x12 meter, berumput pirang setumit, dan ada 3 kelas. Kelas A dan B dibagian Barat, dan C  di bagian timur. Bangunannya cukup tua, soalnya bisa dilhat dari genteng tanah liat, dan temboknya sebagian besar berlumut Aku kebagian di kelas B( selain dipilih yang pinter, juga karena orangnya gak serame kelas C). Dikelasku sebelahan sama kelas A,* karena kelasnya emang luas banget*. Aku berangkat les biasa di anter Bapak atau rombongan sama temen, dan,,, di tasku isinya ada bola voli. Waktu itu masih jaman-nya sindrom pro liga , setiap murid dan guru  kalau ngaso pasti suka ngajakin main voli, dan Aku sendiri temasuk orang dibekali bakat olahraga yang luar biasa. Jadi,,tiap hari pasti benjol~~soalnya tiap hari aku kena hujan SMASH, mana guru-guru ototnya segede piton lagi. .
***
    Suatu sore saat pulang les, Aku tidak sengaja dipanggil Wahyu, temen kelas A di Jembatan kecil depan Impress,

                                   'Eh Ga,, dicari Kirana....' sambil memedal sepedanya.

    Waktu itu Aku plonga plongo. Sumpah,,, Aku gak ngerti maksudnya Wahyu. Aku juga gak kenal siapa Kirana, kenapa nyari Aku dan mau apa Dia ?
Mulanya, Aku kira cuma perbuatan iseng, atau ada yang nyomblangin. tapi.. lama kelamaan semua kelas A pada ngomong

*'Ga, di carin Kirana, Ga dicariin Kirana, Ga dicariin Kirana'*,
 terus kaya itu sampek nenekku kembali perawan, jadi malu sendiri gak jelas. Aku jadi ingin bertemu siluet Kirana dan sepertinya...
***
  Sore hari
 Aku jalan ke kantin ingin membeli jajan yang laris di beli anak-anak, mie gemez yang ada gambarnya boboho kerdil.

                                        ' ini mbak , beli 2' sambil menarik uang seribuan

     Saatnya nongkrong di tempat biasa, jeng-jeng, lantai tangga yang bersemen di depan pintu kelas. Kalo sudah begitu, meracik jajan adalah hal paling indah. Kubuka ke-2 bungkus mie gemes, dan mencampurnya jadi satu. Sobekan-sobekan bumbu sachet yang mulai melebur ketika di sobek, Aku campur semuanya, dan saat itulah momen yang dulu Aku sukai. Mengocok mie gemes dan meremasnya sampai bumbunya masuk hidung itu nikmat, rasanya kaya makan Dada Ayam sekaligus kena TBC..
     Setelah itu, barudeh bisa makan sambil liatin anak lewat masuk kelas. Aku membuka mulutku selebar lebarnya, memasukkan semua mie yang kugenggam, dan melahapnya sampai bersih. Saat Aku mau melakukannya yang kedua kali suapan, diseberangkelas ada anak perempuan kelas 5 yang melihatku terus sambil ketawa-ketawa. Aku sih cuek-cuek aja sampai Aku ingat nama Kirana,''mampus pasti Dia,''. Untuk pertamakalinya Aku masuk kelas lebih awal . Sendirian.
***
   Esok Hari
Aku berjalan di belakang orang dan langsung menepuk pundaknya,
  'Hoe'
                             'Eh,Ga' Dia menoleh kebelakang sambil memasang lesung pipi. 'Eh, kamu di cariin Ina(Kirana) lo, Udah keemu belum?

Eee, Ina itu orangnya apa kelas 5 SD itu, yang rambutnya pendek, sama punya bintik-bintik merah di pipi ?

Loh tau darimana ? udah ketemu sama dia?,Dia melanjutkan.... gimana ? suka apa nggak?

Duaaaarrr, ada kamikaze di siang bolong. Kekepoan Wahyu adalah ketegangan bagiku. Aku gak ngerti apa apa soal pacaran, kalo suka sama orang dan diem-diem merhatiin sih udah pernah, tapi kalo pacaran beneran??..... mampus, hari hariku bakalan di cie-ciein mulu. Yang terlintas saat itu hanyalah jawaban menolak karena Aku belum begitu yakin menggandeng perempuan di tempat umum.

,' hahaha, gak kepikiran , kayaknya ngga aja kali ya' Jawabku ngasal

Bener? Wahyu mempertegas suaranya

bbeneer'

Oh, yaudah kalo itu, ehh... kita beli sate tahu dulu yuk,,, kayaknya udd...

Baaaaang beliii, Aku langsung lari, soalnya ntar kehabisan lagi, hehe...

   Setelah kejadian itu, hari-hariku berlalu cepat, dateng awal- bawa bola voli-main-, masuk kelas, dan pulang. Tapi,... kok Aku jadi kepikiran Ina ya,,,, Mengingat-ingat Dia kayaknya bikin mood seneng pas lagi belajar atau pas lagi jenuh. Tiap Aku menggerakkan Pensil dikertas, perasaan dag dig dug muncul. Kertas yang awalnya kosong mulai bermunculan kaligrafi pendek Ina. Tangan ini reflek sendiri dan seketika semuanya tertulis Ina, tapi apa ini yang namanya suka sama seseorang  ?, aneh banget kalo bilang pacaran, belum mengerti peristiwa pacaran itu bisa terjadi, belum mengerti yang namanya nembak orang, biasa juga jatuh cinta diam-diam. Aku harus gimana ? padahal Ina juga udah ngasih tau kalo suka lewat pesan kaleng., *ahh bingung*.
   Ina mulai kerap merhatiin Aku sampai-sampai dia sengaja lihat Aku pas main bola voli di SD-ku sore-sore, padahal jarak dari rumahnya seperti bumi dan bulan dan lagi dia naik sepeda. Saat main voli Aku jadi mengarahkan lirikanku ke Ina. Ina sendiri malah senyum-senyum tak terkendali yang ngebuat mainku sering melakukan hal di luar nalar*masuk area lawan, meng-smash kepala temen, mencium bolanya atau lebih tepatnya kejedot bola. Grogi men, untungnya bukan Frieza1 yang Aku lihat.(Frieza: Tokoh monster di serial Dragonball). Untuk yang terakhirkalinya Aku ingin sekali melirik Ina , tapi yang aku lihat ,Dia menurunkan kakinya dari pagar SD dan berbalik memedal sepedanya. Ina pergi, dan Luki(temennya) mendekat .

Eh, kamu gak kasian apa ya !!, udah lama nunggu eeeh, dianya pulang , ini udah magrib, kamu gak bales responnya, kasian taukk...

Enggaklah, kan dia Anak Alay,,,' sambil ketawa

   Begonya, dulu Aku suka ngomong ngasal dan gak bisa ngontrol jiwa barbar ini. Akhirnya Luki cuma diem dan langsung pulang. Terlihat diwajahnya kalo aku ngomongnya aneh dan nyebelin. *Aku mematung*. Rasanya pengen memutarkan waktu sebentar dan merubah kejadiannya menjadi Ina Kuajak pergi bareng ke tempat sungai bersih dan sepi, asal enggak di lihatin banyak orang dan bisa memegang kedua tangannya tanpa malu berkata ''Maaf, Aku belum siap".
Saat setelah semuanya pergi, Aku pulang dengan mendekap bola voli dan berjalan pulang kerumah. Awan menunjukkan warna hitamnya, dan perasaanku mulai turun hujan

   Aku berharap Ina gak marah gara-gara kemarin, moga aja masih bisa ketemu dia lagi dan semoga temennya gak ngasih tau kalo kemarin baru menyebut dia "ALAY", sumpah Aku nyesel banget. Aku dulu orangnya cinta damai, gak pengen banyak musuh dan gak suka yang namanya berantem kecuali soal sate tahu. Yah, bisa dibilang Aku ini suka berteman sama siapa aja dan suka terlihat lucu.

Besoknya....

Hari ini saatnya tampil beda untuk Ina. Aku mau rapi dikit biar bikin dia seneng. Lagian, style gembel compang-camping udah gak musim. Aku ambil Gasby dan membiarkan rambut ini tertata licin oleh tanganku. Sesekali melihat bayangan di kaca agar Aku sendiri bisa yakin enggak malu-maluin. Sepatu Pro Att, celana panjang, dan baju motif kuning kotak. Aku siap.

Masih seperti biasa, Aku ada di Jembatan tempat biasa buat nungguin Ina berjalan pulang.Tepat setelah bel pulang, terdengar suara yang mirip tangisan anak perempuan. Dari jauh Aku melihat Wahyu berjalan sambil senyum sendiri melihat Aku.
 Ga, Tumben kamu Rapian gini, biasa juga pakai baju seadanya
Enggak kok, Hari ini Aku cosplay jadi Nobita
Bagus-bagus, Sizukanya mana?''nadanya mengejek''
Nah, ini lagi nunggu dia lewat. Eh ngomong-ngomong tadi itu suara apa?
Yang Orang nangis itu? Wahyu nanya balik
Orang nangis ? siapa?!
Duh gimana ngomongnya ya, Jadi gak enak gini Aku,''
Ok, Jadi gini, Aku udah ngomong ke Dia
gimana-gimana?
Aku ngomong ke Ina Kalo kamu gak suka sama dia
Jadi tadi itu .... Ina?
bukan,
lha te..''Wahyu memotong pembicaraan.''
Itu Ina yang nangis hebat.
*Duh* Aku memegang wajah dan pikiranku. *Kenapa jadinya malah gini , padahal Aku udah nyiapin diri*. Yang Aku pikirkan saat itu cuma cara agar dia gak nangis lagi.....

''Buruan bilang kalo kemarin itu bercanda, buruan''.

Loh, kemarin kamu bilang..
''Buruan, pokoknya bilang gitu!. Aku kemarin ngasal ngomong''.
''oo..oke deh, ''
''Cepet!!''
Wahyu mempercepat langkahnya dan ngejelasin semuanya ke Ina. Niat buat bertemu untuk terakhir kalipun gagal. ''Besok udah libur untuk persiapan UAN dan Kayaknya Aku gak bakalan ketemu dengan Ina lagi. Udah aku gak peduli lagi dengan dandan, Aku udah males.''

Waktupun berjalan maju, dan seragamku beganti Biru Putih. Yup, SMP. Masa yang paling Aku suka di hidupku dibanding SMA. Masa yang tanpa malu buat ngiler-ngiler di tempat makan(mainin liur), masa mulai mengerti asyiknya ngerjain guru, dan masa-nya Aku buat pacaran beneran, tidak lain sama si Ngernet. Tapi, Awal-awalpun sempat ada yang ngomong kalo Aku dicariin Ina, dan setelah kuselidiki ternyata kakak sepupunya. Kalau saja Aku dulu diberi waktu lebih, Aku pengen pacaran dengan Dia. Jadi dengan agak gak enak campur sedih, Aku mulai ngejelasin semuanya di Ina lewat Hp dan dia cuma balas "iya, nggak papa kok". Dulu sih Aku anggap hal sepele, tapi sekarang aku mengerti. Dia mngalami patah hati pertama ,dan mungkin itu yang paling hebat. Dia hanya bisa bales sesingkat itu.Di Usia SD, astaga kejamnya Aku.
Maafin Aku Na, dulu Aku orangnya cemen, tapi untuk sekarang moga kamu langgeng aja dengan pacarmu. Duh,,, Kayaknya Aku kualat deh, jadi jomblo dan kere .
Kapan-kapan Ajak maen dong buat ditraktir , hehe
Yup, Kayaknya Aku harus ngelakuin hal yang Kamu lakuin Na,
*Mulai dengan yang Baru*










 .


0 komentar:

Posting Komentar